Vocabulary Learning Strategies of Accounting students of STIE Gentiaras Bandar Lampung

  • Kristina Estisari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gentiaras Bandar Lampung
Keywords: Strategi pembelajaran kosakata, strategi belajar bahasa, strategi memori, strategi penentuan, strategi sosial (penemuan), strategi metakognitif, strategi kognitif, strategi sosial (konsolidasi).

Abstract

Salah satu tantangan terpenting yang akan dihadapi peserta didik selama proses belajar
bahasa kedua adalah belajar kosa kata. Kosakata telah diakui sebagai hal yang penting untuk
penggunaan bahasa di mana pengetahuan kosa kata yang tidak memadai tentang peserta didik
menyebabkan kesulitan dalam pembelajaran bahasa kedua. Jadi dalam hal belajar kosakata dalam
bahasa kedua, siswa perlu dididik dengan strategi pembelajaran kosa kata. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran kosa kata bahasa Inggris yang diadopsi oleh
mahasiswa Akuntansi STIE Gentiaras, Bandar Lampung. Subjek penelitian adalah 22 mahasiswa pada
semester ketiga. Tujuan kedua dari penelitian ini adalah untuk mengetahui distribusi strategi
pembelajaran kosakata yang digunakan oleh mahasiswa Akuntansi STIE Gentiaras, Bandar Lampung.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner 25 item yang diadaptasi dari
taksonomi Schmitt untuk strategi pembelajaran kosa kata. Data dianalisis dengan menggunakan
frekuensi, persentase, dan mean. Skor rata-rata menunjukkan distribusi strategi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan strategi Memori yang paling sering digunakan oleh siswa yang
dianggap intermediate students dalam bahasa Inggris. Strategi kedua yang sering digunakan adalah
strategi Sosial (Discovery). Strategi ketiga yang sering digunakan adalah strategi Penentuan. Strategi
keempat yang sering digunakan adalah strategi Metakognitif. Strategi kelima yang sering digunakan
adalah strategi Kognitif. Sedangkan strategi yang paling sedikit digunakan adalah strategi Sosial
(Konsolidasi) dengan skor rata-rata terendah. Namun, temuan ini akan menguntungkan guru untuk
mengembangkan pengajaran kosa kata yang efektif dan untuk memberi siswa strategi pembelajaran
kosa kata yang sukses.

Published
2018-01-16